Rintihan Anak Negeri

Apakah anda tahu, sejak tahun 1960-an hingga sekarang dan entah sampai kapan di tanah ini OAP bertumbuh dalam bayang-bayang permasalahan politik yang dianggap cacat secara hukum oleh sebagian OAP karena kepentingan konspirasi tingkat tinggi yang diperankan oleh kaum-kaum imperalis dan kolonialisme atas dasar kepentingan negara yang membuat banyak keluarga dan sanak saudara kami OAP gugur dalam memperjuangkan idealisme dan ketidakadilan ini.

Konflik berkepanjangan yang terus terjadi diatas tanah ini, membuat berbagai kebijakan dirancang oleh negara dengan diperkuat melalui aspek legal UU No.21 Tahun 2001 (otsus) namun itu juga tidak menyelesaikan permasalahan yang sebenarnya. Karena ketika negara menawarkan OTSUS, draft dari aspek legal ini disusun oleh kaum intelektual dan akademisi OAP begitu afirmatif untuk melindungi eksistensi OAP namun ketika sampai ke pusat hampir sebagian besar mungkin dihapus karena dianggap bertentangan dengan aturan negara.

Dan secara pribadi saya jadi teringat dan mengutip tokoh OAP Papua Bapak Benny Giay “Ko mo Orang Asli Papua, ko mau gubernur k, ko mau bupati k dan punya Jabatan di pemeritahan ka, ko itu seperti pejabat yang punya power tetapi memerintah didalam Penjara”.

Pertanyaannya sampai kapan konflik ditanah ini dapat diselesaikan dengan damai. ? Sebagian besar OAP yang memperjuangkan idealisme mereka menuntut ada suatu DIALOG interaktif antara Pusat dan OAP namun itu tidak pernah ditanggapi oleh negara dengan berbagai alasan untuk menghindari masalah yang sudah menjadi rahasia umum.

Setiap masalah pasti ada solusi, ketika solusi saat ini belum menyesaikan masalah itu berarti bukan solusi tetapi permasalahan baru yang diberi nama solusi untuk kepentingan pihak yang berpentingan atas nama negara. Kami merindukan kedamaian di tanah ini, kami merindukan OAP bisa berdiri sejajar dengan saudara-saudara di Nusantara lainnya di dalam segala aspek untuk mengisi pembangunan ini.

Salam Perubahan….Berubah atau Punah!!!

Jirjirus Gerry Way

Pemerhati Sosial Papua