Kota Sorong Mari Belajar Dari Kejadian Banjir Bandang Sentani

Foto Pegunungan Kota Sorong Yang Gundul

Warga dan Pemerintah Kota Sorong sebagai sesama masyarakat Papua dan Papua Barat kita turut berduka atas peristiwa yang menimpa saudara/i kita di Sentani Kabupaten Jayapura Papua. Namun di balik duka cita itu, ada pembelajaran yang harus di jadikan perhatian sebagai warga Kota Sorong.

Jika sepintas lalu kita melihat atau memandang kondisi topografi Kota Sorong  yang luasannya mencapai 656,6 km², merupakan luasan gabungan antara deretan pegunungan yang membentang dari Tanjung Kasuari Hingga Malanu Kampung.

Keadan dan kondisi lingkungannya tak beda jauh dengan kondisi yang ada di Kabupaten dan Kota Jayapura. Aktivitas pembabatan hutan untuk perkebunan, dan pengalian material Galian C untuk kepentingan penimbungan rumah, penimbunan  lokasi untuk pembangunan juga makin hari makin masif di lakukan oleh masyarakat.

Jika kondisi ini tidak di kurangi, makan kejadian banjir  seperti era 11990-an hingga 2000-an akan kembali terjadi. Mengingat posisi Kota Sorong yang diapit oleh pegunungan tetapi juga berada di bibir pantai. Ketika musim hujan bertemu kenaikan air laut akan menjadi bencana alam bagi penghuni Kota Sorong